Sabtu, 18 Mei 2019

TUGAS 2 PIT 6 " MATA SEHAT ALAMI TANPA BIAYA"

Bunga Kitolot
MATA SEHAT ALAMI TANPA BIAYA.

Seringkah kita mengalami mata lelah setelah berjam jam di depan laptop kita atau komputer bahkan gadge kita yang setiap hari setiap jam bahkan setiap detik kita selalu memantau informasi melalui HP kita.

Kemajuan teknologi di abad ini menjadikan kita semakin tergantung pada penggunaan HP tiap hari. Banyak kegiatan kita sehari hari tidak terlepas dari penggunaan HP atau komputer. Tetapi tahukah anda bahwa paparan sinar radiasi yang di hasilkan dari layar gadge kita ataupun komputer ternyata mempengaruhi kesehatan mata kita.

American Macular Degeneration Fondation memperingatkan bahaya sinar biru yang di hasilkan smartphone ataupun layar komputer ternyata merusak sel sel syaraf sehat RETINA Mata. Maka penggunaan HP yang tinggi ataupun komputer yang berjam-jam akan berdampak pada kesehatan mata. Dari mata lelah yang kita alami, ketajaman melihat benda benda yang jauh pun tidak akan bisa kita hindari jika sel sel syaraf retina kita mengalami gangguana.



Untuk mengurangi dampak negatif penggunaan smartphone  atau  komputer yang berlebihan, maka kita bisa melakukan antisipasi sejak dini, antara lain

  • Tidak menggunakan alat tersebut diatas di tempat yang gelap
  • Sering mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A tinggi, misalnya pepaya dan jus wortel atau tomat
  • sering sering merendam mata kita dengan air rendaman bunga kitolot ( bahasa jawanya melembang mata ) 
Bunga Kitolot ini mudah kita dapati di tanah yang lembab dan cenderung di aliri air. Cara pemakainnya cukup sederhana, ambil satu kuntum bunga kitolot. cuci bersih. masukkan ke gelas dan beri air matang dingin . Diamkan selama satu jam. Rendam mata kita dalam air kitolot dengan mengkedip-kedipkan mata kita di dalam air rendaman bunga kitolot. lakukan bergantian antara mata kiri dan mata kanan. Efek perih akan terasa jika ada kelainan pada mata kita. Semakin tinggi kelainan mata kita, maka efek perih yang kita rasakan juga semakin besar. Lakukan rutin kegiatan ini. Dan rasakan mata kita semakin hari akan semakin cerah dan tajam dalam penglihatan..... SELAMAT MENCOBA.


Tidak ada komentar: