Sabtu, 18 Mei 2019



MENJEMPUT BERKAH RAMADHON MELALUI PELATIHAN PIT 6


Tidak terasa puasa bulan Romadon sudah memasuki pekan kedua. Pekan kedua merupakan pekan dimana Rahmat Allah di curahkan untuk para hambaNya yang mau melaksanakan kewajibannya. Salah satu upaya itu adalah dengan mendaya manfaatkan waktu di bulan penuh berkah ini melalui PIT 6 yang di selenggarakan oleh PGRI Kabupaten Lumajang. Pelaksanaan kegiatan di buka pada hari Sabtu tanggal 18 Mei 2019 di mulai pukul 08.00 WIB bertempat di SMK PGRI Lumajang. Kegiatan ini di buka dengan di awali menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Lagu Mars PGRI. Sambutan diberikan Oleh Bapak H. Winadi, M.Pd. selaku Ketua PGRI Kab. Lumajang sekaligus sebagai PLT Dinas Pendidikan Kab. Lumajang, serta ketua Panitia pelatihan PIT 6 Ibu mamik. Acara pembukaan ini juga di hadiri oleh Drs.Parno, M. Pd. selaku wakil ketua PGRI Kab. Lumajang serta Bpk Hendro selaku wakil dari Pengawas dan Tim Penilai kenaikan Pangkat dari Dindik Kabupaten Lumajang. Pelatihan PIT ( Pembelajaran Informasi  Teknologi Tahap 6) ini sangat menunjang bagi pendidik karena di jaman milenial ini pembelajaran berbasis WEB dan MPP ( multimedia Presentasi Pembelajaran) merupakan tuntutan bagi seorang pendidik yang profesional.

Setelah acara pembukaan, kegiatan berikutnya adalah Materi Pelatihan PIT 6, dimana peserta langsung memasuki ruang Lab TIK yang sudah di fasilitasi komputer yang sudah terkoneksi dengan internet sekolah. Disebabkan kendala sinyal yang lemah akhirnya saya memutuskan untuk  memakai laptop pribadi dengan memanfaatkan quota three yang terkoneksi di android  pribadi. dan Alhamdulillah jaringan lancar.

Materi pertama adalah membahas apa itu blogger. materi sesi pertama ini sangat menarik bagi saya, karena 15 tahun yang lalu dimana internet masih sedikit orang awam paham akan tetapi teman teman kuliah saya di UNBRAW malang sudah getol mempelajarinya, karena mereka tahu media ini ternyata menghasilkan pundi pundi pemasukan bagi mereka, disamping itu juga menambah wawasan bagi mahasiswa. Kegiatan sesi ini sukses saya ikuti dengan suksesnya saya membuat blog pribadi. Senang dan bersyukur, karena dua tahun lalu pernah nyoba via tuntunan mbah Goggle berbuah GATOT alias gagal total.

Sesi kedua, kami di beri materi membuat E tematik. Tentu bagi bagi saya sebagai Pendidik di tingkat SMP, materi ini agak asing bagi saya. Tetapi berbekal dari pengalaman saya mendampingi anak saya yang bersekolah di SD Al Iklas belajar di rumah, saya faham konsep TEMATIK untuk mapel SD. Materi ini juga menarik bagi saya, karena kita di ajari bagaimana dari blog ini kita bisa memberikan tugas ke siswa dan bisa mengajari siswa mengumpulkan tugas dan belajar di rumah melalui blogger juga.

Acara berikutnya  adalah istirahat dan solat sekitar satu jam dan materi dilanjutkan dengan kegiatan pembuatan DOMAIN berbayar. materi ini agak sulit kami cerna karena praktiknya sedikit sekali yang langsung kami aplikasikan mengingat kegiatan ini di tutup jam 14.30 WIB.  Kegiatan ini di akhiri pukul 14.30 WIB dengan tugas- tugas rumah yang harus kami selesaikan tiap harinya.

Akhir cerita....... banyak manfaat yang saya peroleh dari kegiatan ini....semoga menjadi bulan berkah bagi kami dan untuk dunia pendidikan pada umumnya... tidak lupa saya ucapkan Jazakumullah kepada para Narasumber yang sudah berbagi ilmunya, Semoga barokah dan menjadi amal Jariyah bagi anda semuanya aamiin

Penulis : enni rakhamawati
               Guru IPA SMP PGRI SUKODONO




Tidak ada komentar: